Kenangan di Perpustakaan Cikini


Jalan-jalan ke taman mini
Lihat ikan di akuarium
Ada apa di perpustakaan cikini
Ada buku, mainan dan dekat planetarium

***

He he, pantunnya maksa ya? 

Perpustakaan cikini adalah perpustakaan daerah yang lokasinya ada di Taman Ismail Marzuki, Jl Cikini raya nomor 73. Banyak kenangan yang saya alami di sana. Perpustakaan itu termasuk salah satu perpustakaan favorit keluarga kami. Kenapa? Selain karena ada lantai khusus baca untuk anak, berikut tujuh kenangan indah di perpustakaan cikini yang kami alami:

1. Membaca buku di dalam tenda
Fasilitas yang ada di perpustakaan cikini membuat anak betah berlama-lama di sana. Ada ruangan yang isinya mainan, ada tempat bersantai, termasuk tenda sebagai dekorasi yang bisa dipakai jika anak mau membaca di dalam tenda. Seru kan ? :)


2. Menunggu jadwal ke planetarium sambil membaca di perpustakaan. 
Planetarium di Taman Ismail Marzuki selalu ramai pengunjung. Untuk menunggu jadwal menonton di planetarium, anak-anak bisa bersantai sambil membaca buku di perpustakaan. Gedung perpustakaan dan planetarium dapat ditempuh dengan berjalan kaki.



3. Melihat mobil pemadam kebakaran di halaman gedung perpustakaan. 
Buat anak, melihat mobil pemadam kebakaran menjadi satu atraksi yang menarik. Ada lebih dari dua unit mobil pemadam kebakaran di dekat gedung perpustakaan. Tentu ini menjadi kesenangan tersendiri. Menarik, bukan :)


4. Mendengarkan dongeng di perpustakaan
Siapa senang mendengarkan dongeng? Di perpustakaan ini, ada jadwal rutin mendongeng yang dilakukan setiap hari Sabtu sekitar pukul 10.00 - 12.00. Dongengnya sangat menarik dan membuat anak fokus menyimak ceritanya. 




5. Mencari buku dari komputer perpustakaan
Di perpustakaan cikini, kita bisa mencari buku dengan pencarian melalui komputer. Ini waktu yang tepat untuk mengajarkan anak akrab dengan komputer. 

6. Menaruh barang di dalam loker perpustakaan
Ini menjadi pengalaman tersendiri bagi Aidan. Ia senang sekali membaca peraturan. Di perpustakaan ini, kita harus menyimpan barang pribadi di dalam loker. Jadi, begitu tiba di perpustakaan, kita harus lapor dan berikan KTP untuk ditukar dengan kunci loker. Lalu kita simpan barang pribadi di loker dan bersiap untuk membaca buku.


7. Menyumbangkan buku ke perpustakaan
Buku-buku keluarga yang sudah tidak kami butuhkan, kami sumbangkan ke perpustakaan. Dengan demikian, semoga bisa menjadi kebaikan dan lebih bermanfaat.









Comments

Popular posts from this blog

Janji Surya

Bagian 1. Abu Muda

Bagian 4. Kuning